Cara Menentukan Jenis Ukuran Vinyl Lantai yang Sesuai dengan Kebutuhan

Menentukan ukuran vinyl lantai yang sesuai dengan kebutuhan. Ini karena jenis dan ukuran vinyl berbeda-beda sesuai situasi. Inilah yang menjadi alasan bahwa pembeli terkadang merasa bingung menentukan keputusan. Supaya tidak salah dalam membeli, berikut jenis-jenis ukuran lantai dari jenis vinyl.

Jenis-jenis Ukuran Vinyl Lantai

Terdapat beberapa jenis lantai vinyl yang perlu anda tahu. Tipe-tipe lantai ini berdasarkan warna dan tekstur. Begini macam-macam dan tipe lantai vinyl yang ada:

Lantai Vinyl Click

Jenis lantai yang pertama adalah lantai vinyl click. Tipe click sangat mudah dalam teknik pemasangannya. Hal ini karena lantai click memiliki lem atau pengait. Jadi, ketika relnya saling terhubung, lantai akan berbunyi klik. Lantai akan nampak lebih menyatu karena merekat satu sama lain.

Lantai Vinyl Tile

Sedangkan tile, memiliki tipe yang lebih unik lagi. Pasalnya, tekstur dan ukurannya mirip dengan ubin keramik. Permukaannya keras sehingga jenis ini lebih awet. Selain itu, teksturnya juga lebih kuat. Motif lantai tile bermacam-macam seperti: motif kayu, keramik dan batu alami. Bahkan, anda dapat memasang lantai ini dengan berbagai macam tekstur.

Lantai Vinyl Plank

Jenis lantai paling populer adalah vinyl plank. Bahan dasar lantai ini merupakan PVC yang tebal. Bahkan, ketebalannya mulai dari 2 hingga 3 mm. Umumnya vinyl memiliki tekstur kayu yang tidak licin. Jadi, saat anda memasangnya di tangga, tekstur ini sangat cocok untuk anak kecil.

Lantai Vinyl Roll

Vinyl roll merupakan jenis lantai yang terbilang cukup praktis. Lantai ini bisa anda gulung secara fleksibel. Bahkan, ukuran vinyl lantai tersebut dapat anda tempel dan gulung dengan mudah. Berbagai lantai vinyl roll bermacam-macam. Sesuaikan dengan desain interior.

Cara Menentukan Ukuran Vinyl Lantai

Supaya tidak salah ketika memotong ukuran lantai. Namun ,hal ini tergantung pada bahan lantai. Terdapat lembaran lantai roll dan juga box lantai. Begini menghitung ukuran yang tepat:

Menentukan Luas Ruangan Terlebih Dahulu

Hitung luas ruangan yang hendak anda pasang lantai terlebih dahulu. Ukur panjang dan lebar dari ruangan terlebih dahulu. Setelah mendapatkan luas yang anda tentukan, maka kebutuhan jumlah dan ukurannya bisa anda temukan.

Menentukan Perhitungan Vinyl untuk Wilayah Tangga

Ambil contoh, tangga yang anda miliki memiliki trap sebanyak 21 anak tangga. Satu trapnya membutuhkan dua lembar. Jika per boxnya berisi 20 lembar maka anda dapat menghitung: 2 lembar x 21 anak tangga. 42 lembar yang anda butuhkan.

Box yang anda butuhkan dari 42 dibagi 20 lembar. Ada 2 box lebih 2 lembar. Sebagai antisipasi agar tidak kekurangan, belilah 3 box untuk tangga dengan 21 trap.

Menghitung Vinyl untuk Lantai Ruangan dalam Rumah

Sebagai contoh, luas kamar dan ruangan anda 60 meter persegi. Sedangkan harga vinyl misalnya 560.000 rupiah per boxnya. Per box ini berisi 24 lembaran vinyl lantai dengan total ukuran luas lembarannya sebesar 3,34 meter persegi.

Apabila sudah anda hitung, 60 meter dibagi 3,34 meter menjadi 17,86 meter. Anda akan membutuhkan 18 box untuk lantai 60 meter persegi. Jadi total persediaan perkiraan biaya 18 box dikalikan 560.000 rupiah menjadi 10.080.000 rupiah. ukuran vinyl lantai dan biaya berbeda tergantung toko atau agen.

Solusi Memilih Vinyl Lantai yang Tepat

Sebagai solusi dalam memilih ukuran vinyl lantai yang tepat sesuai budget, Pilar8 dapat menjadi konsultan terbaik. Kami akan memberikan solusi dan pilihan sesuai dengan kebutuhan anda. Harga kami relatif murah karena mendapatkannya langsung dari importir. Selain itu, kami juga menyediakan berbagai stok dan varian yang lengkap, dapatkan infonya disini.

Untuk memudahkannya, kami memberikan layanan gratis ongkir ke Gresik, Surabaya dan Sidoarjo dengan syarat tertentu. Tidak hanya vinyl, kami juga memiliki produk lain untuk melengkapi interior rumah. Jadi mau pilih vinyl lantai yang mana lagi ya?