Sudahkah Anda Tahu Apa Fungsi Wall Panel?

Fungsi Wall Panel – Wall panel merupakan bagian dari elemen dekorasi interior dan eksterior yang sudah ada sejak abad ke-16. Tren wall panel berawal dari rumah-rumah mewah bergaya victoria klasik, lalu menjalar dari masa demi masa dan mengalami penyesuaian-penyesuaian mengikuti kebutuhan konsumen. Kini pemakaian wall panel jauh lebih meluas daripada dulu. Tak lagi sebatas pada rumah-rumah bergaya victorian saja, melainkan pada semua jenis konsep interior dan eksterior yang ada: minimalis, rustic, industrial, american style, dan lainnya.

Begitu maraknya pemakaian wall panel saat ini, tentu memantik pertanyaan dari masyarakat awam: apa fungsi wall panel itu sendiri? Apa bedanya dari dinding biasa?

Apa Fungsi Wall Panel?

Dinding memainkan peranan penting pada tampilan sebuah rumah. Selain lantai, dinding adalah titik fokus utama perhatian. Karena itu kondisi dinding hendaknya senantiasa bersih, rapi, dan estetik.

Melumuri dinding dengan cat terkadang tak cukup membuat tampilan dinding sempurna. Perlu produk-produk dekoratif penunjang seperti halnya wall panel yang mampu memberikan fungsi lebih.

Apa fungsi wall panel? Adapun 6 fungsi utama pemasangan aksesori ini, antara lain:

  1. Menambah nilai artistik dari tampilan dinding. Dinding yang tetap polos tentu tidak memancarkan nilai seni ketimbang dinding yang sengaja dirancang dengan pola atau tekstur-tekstur tertentu.
  2. Menutupi segala macam kekurangan pada dinding. Contoh, dinding retak, permukaan dinding tidak rata, dinding berlubang, dinding berjamur, dan bentuk kerusakan lainnya. Beberapa kondisi kerusakan dinding terkadang tidak dapat teratasi hanya dengan mengecat atau mendempul ulang. Cara praktis “menghilangkan” masalah itu dari pandangan mata tentu saja dengan menutupinya dengan panel.
  3. Menyembunyikan kabel-kabel kurang rapi. Kabel-kabel elektronik yang semrawut di dinding memang mengganggu pemandungan. Dengan pemasangan wall panel, kabel-kabel tersebut dapat menyembunyikan di balik panel sehingga dinding yang tadinya tampak amburadul bisa jadi lebih rapi dan bersih.
  4. Melindungi dinding asli dari kerusakan. Fungsi wall panel bukan hanya untuk menyembunyikan kerusakan yang kadung terjadi pada dinding, tapi juga melindungi dinding yang masih bagus dari ancaman kerusakan yang diakibatkan oleh percikan air, benda tumpul, dan sebagainya. Singkatnya, wall panel tak ubahnya sampul luar dinding.
  5. Menyerap Panas dari luar. Rumah yang menggunakan dinding panel umumnya lebih sejuk daripada dinding telanjang. Hal itu terkait dengan sifat bahan panel yang rata-rata mampu menyerap panas dan cahaya berlebihan. Selain untuk dinding rumah, pengaplikasian dinding panel sangat bagus untuk gedung-gedung bertingkat yang sulit terhalang oleh pohon.
  6. Meredam kebisingan. Fungsi lain dari wall panel adalah meredam suara atau kebisingan. Studio rekaman, sanggar senam, diskotik, bioskop paling banyak menggunakan dinding panel agar volume suara dari dalam tidak menganggu kenyamanan orang lain yang berada di luar. Begitu pun bila rumah Anda berada di kawasan padat lalu lintas. Dengan menggunakan panel dinding, suasana rumah Anda akan tetap tenang tanpa gangguan suara deru mesin kendaraan di luar.

Distributor Wall Panel Surabaya dan Sekitarnya

Zaman sekarang wall panel bukanlah barang langka. Mudah mencari produk ini di toko-toko ritel yang khusus menjual material bangunan atau produk dekoratif rumah. Namun untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau sebaiknya Anda membelinya di distributor langsung.

Pilar 8 merupakan salah satu distributor kepercayaan banyak kontraktor, toko interior, dan orang-orang yang sedang membangun atau merenovasi rumah. Banyak produk wall panel bisa Anda temukan di sini dengan jaminan kualitas kelas impor dan harga bersahabat. Bahkan, Pilar 8 menetapkan free ongkir Khusus untuk Anda yang berada di Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo. Tunggu apa lagi? Dapatkan informasiny disini, kami tunggu pesanan Anda.