Cara Pasang Wall Panel PVC Mudah, Jaminannya Pemula Pasti Bisa

Cara Pasang Wall Panel PVC – Dinding yang kusam, tidak rata, dan retak sudah semestinya mendapat sentuhan ulang agar tampilan rumah tidak tampak tua dan suram. Untuk menyempurnakan tampilannya kembali, perlu beberapa tindakan seperti melakukan penambalan pada bagian-bagian yang berlubang, pengacian, pengecatan ulang. Mungkin anda perlu tahu bagaimana cara pasang wall panel.

Proses perbaikan mungkin akan memakan waktu beberapa hari. Bahkan pada tingkat keparahan tertentu, kondisi dinding tidak bisa mulus sepenuhnya atau gejala kerusakan kembali terulang dalam hitungan beberapa bulan saja. Karena itulah pemasangan wall panel PVC kian marak di kalangan masyarakat modern.

Di samping cara pasang wall panel PVC cenderung mudah, dari segi tampilan pun wall panel jauh lebih menarik ketimbang dinding polos biasa. Mampu menutupi segala bentuk kekurangan pada dinding sehingga rumah tampak lebih terawat.

Proses pemasangan wall panel bisa melibatkan tukang khusus maupun tidak. Bagi yang ingin menghemat ongkos pemasangan, sangat mungkin untuk mungkin mengerjakannya sendiri di rumah. Dengan bantuan internet, kita bisa cari tahu bagaimana cara pasang wall panel PVC dan mempraktikannya.

Tahap dalam Cara Pasang Wall Panel PVC

Pilar 8 menyediakan wall panel dalam berbagai jenis bahan, desain, serta tingkatan harga yang berbeda-beda. Sebagian besar produk wall panel di sini kualitas impor dan ready stock, sehingga kebutuhan konsumen dapat terpenuhi lebih cepat.

Bagi yang belum berpengalaman memasang wall panel PVC tapi tak punya budget untuk bayar ongkos tukang, Anda bisa mengerjakannya sendiri di rumah. Mari ikuti tahap-tahap cara pasang wall panel PVC berikut ini.

Persiapan

Pengerjaan apapun bentuknya pasti memerlukan persiapan awal. Pada tahap persiapan ini Anda perlu menyediakan beberapa alat dan bahan pendukung, seperti:

  • Alat ukur: meteran dan penggaris.
  • Pensil
  • Gergaji
  • Bor
  • Obeng
  • Paku atau sekrup.
  • Lem perekat konstruksi.
  • Cat, kuas, dan roller.
  • Pengukuran dan tata letaknya.

Setelah alat dan bahan komplit terkumpul, selanjutnya adalah mengukur seberapa besar bidang dinding yang akan dipasangi panel. Tahapan pengukuran ini bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak lembar atau potongan panel yang dibutuhkan.

Jika sudah mendapatkan ukuran yang akurat, tahap berikutnya menentukan bagaimana tata letak panel agar terlihat bagus. Apakah berbentuk horizontal, vertical, atau hanya perlu menutupi sebagian dinding saja.

Pemotongan Panel

Tahap ketiga mungkin akan membuat Anda sedikit deg-degan. Tingkat ketelitian dan kehati-hatian Anda sangat teruji di sini. Sebab hasil potongan Anda pada panel sangat berpengaruh dengan hasil akhirnya nanti. Untuk itu, usahakan hasil potongannya rapi dan presisi. Pastikan juga gergaji yang Anda gunakan tajam.

Memasang Batang Penguat

Pemasangan batang penguat bersifat opsional. Tahap ini boleh melewatnya apabila Anda menggunakan panel PVC yang tebal dan berkualitas. Batang penguat umumnya perlu untuk panel yang cenderung tipis. Tujuannya agar panel tidak mudah tumbang atau bergelombang.

Pemasangan Panel

Pada tahap ini Anda tinggal menempatkan potongan-potongan panel pada area yang sudah ditentukan tadi. Gunakan lem atau perekat kontruksi berkualitas tinggi agar panel melekat kuat selama bertahun-tahun pemakaian. Setelah terpasang, kunci posisi panel dengan sekrup atau paku.

Finishing

Kerja Anda hampir selesai. Sekarang waktunya finishing dengan cara mengamplas permukaan panel agar lebih halus. Baru kemudian dilanjutkan dengan pengecatan atau menambahkan wallpaper sesuai keinginan.

Voila! Dinding baru Anda sudah jadi. Cara pasang wall panel PVC ini dijamin mudah, bahkan untuk pemula sekalipun. Apalagi material PVC ini kuat, tahan air, dan tidak terlalu berat, sehingga risiko terjadinya kerusakan selama proses pemasangan dan pemakian terbilang minim. Selamat mencoba.

Ingin mendapatkan Wall Panel PVC berkualitas? Dapatkan infonya disini.