Distributor Wall Moulding PVC Surabaya – Wall moulding bukanlah sesuatu yang baru dalam teknik dekorasi ruangan, tapi dahulu peminatnya hanya kalangan atas saja. Hanya di rumah atau bangunan megah saja wall moulding ini baru bisa kita lihat. Itu mengapa wall moulding tadinya adalah sesuatu yang pantas kita sebuat luxury. Kini, wall moulding malah jadi sebuah tren yang tak terbendung lagi.

Sebagai distributor wallmoulding PVC Surabaya dan sekitarnya, Pilar 8 mengakui bahwa pangsa pasar wall moulding makin luas. Peminatnya tak lagi sebatas kalangan atas yang memiliki rumah atau bangunan mewah saja, melainkan kalangan menengah dengan rumah minimalis sekalipun.

Distributor wall moulding PVC di Surabaya yang dulunya lebih sering menyuplai kebutuhan proyek pembangunan rumah-rumah megal ala american style atau victorian sytle, semakin takjub manakala proyek-proyek pembangunan perumahan tipe sedang saja pun sudah banyak menggunakan wall moulding sebagai pemanis interior.

Jenis-jenis Wall Moulding Berdasarkan Materialnya

Dari sebutannya saja “Wall Moulding”, tersirat makna dinding cetak. Artinya dinding ini bukan dinding polos biasa. Dengan bantuan cetakan khusus, dinding ini bisa memiliki tekstur, tekstur, atau bingkai tertentu sesuai preferensi yang diinginkan. Sehingga fungsi dinding pada sebuah rumah bukan cuma sebagai badan bangunan saja, tapi juga background estetik yang membuat wajah interior jadi lebih memukau.

Karena wall moulding ini semacam “dinding tempelan”, maka material utamanya pun bervariasi, tergantung citra keindahan seperti apa yang ingin ditampilkan: apakah kesan natural, modren, rustic, industrial, dan lain sebagainya. Terkait material, berikut ini Pilar 8 merekomendasikan beberapa pilihan material terbaik untuk wall moulding:

PVC

Meski PVC merupakan bahan termoplastik tertua di dunia, namun dalam pembuatan wall moulding material inilah yang justru paling kekinian daripada sejumlah material lainya. Bisa dibilang inilah material yang paling banyak keunggulannya.

Dari segi ketahanan, PVC tak layak diragukan. Terberkati dengan sifat waterproof membuat moulding wall PFC tak punya kemampuan menyerap kelembaban sama sekali. Dengan begitu Pilar 8 selaku distributor wall moulding PVC Surabaya menjamin produk ini tidak akan berjamur atau lapuk oleh rayap sampai usia pemakaiannya habis sekalipun.

Selain sifat tahan air, PVC juga material yang tahan api. Dalam hal ini bukan berarti medianya tidak bisa terjilat api sama sekali, namun mampu mencegah api menjalar lebih cepat dari biasa apabila terjadi kebakaran.

PVC termasuk material dengan kelenturan yang pas. Sehingga tidak mudah retak atau patah. Begitupula dengan permukannya yang halus dan rata, memberi kemudahan bagi kita saat melakukan finishing. Yang lebih menganggumkan, dengan segenap keunggulan yang PVC ini punya, ternyata dari segi harga moulding wall PVC lebih terjangkau daripada gypsum atau WPC.

Gypsum

Material recommended distributor wallmoulding PVC Surabaya berikutnya adalah gypsum. Secara visual wall moulding dari gypsum nyaris tak berbeda dari PVC. Namun dari segi kualitas gypsum tidak sekokoh PVC.

Gypsum sendiri merupakan hasil campuran antara kalsium sulfat dan air. Cukup mudah membentuknya dan mengukir menyerupai desain apapun. Permukaannya yang halus memudahkan proses finishing maupun membersihkannya selama pemakaian kelak.

Namun untuk ketahanan gypsum ini belum sebanding dengan PVC. Gypsum cenderung rapuh dan tak tahan air. Rembesan air sangat cepat merusak tampilan dinding molding. Itu sebabnya distributor wallmoulding PVC Surabaya rajin mengingatkan konsumen agar tempat pemasangannya nanti harus benar-benar bebas rembesan air.

Kayu

Kayu turut menambah daftar panjang material pembuatan wall moulding dengan hasil akhir yang tak kalah menganggumkan. Karena bahan ini 100% murni dari alam, maka tidak ada satupun material yang mampu menandingi nilai otentik wall moulding dari kayu. Bahkan, sulit mencetak wall moulding yang seraam meski semuanya berbahan kayu.

Apa yang membuat wall moulding kayu seistimewa itu?

Letak keistimewaan tersebut tak terlepas dari serat-serat kayu yang digunakan. Tentu saja pola atau gurat-gurat serat dari tiap batang kayu tidak bisa serupa meski jenis pohonnya sama. Di situlah letak nilai eksklusif dari segala sesuatu yang berbahan kayu.

Buat yang penyuka interior bergaya natural, moulding dinding dari kayu memang pilihan tepat untuk menampilkan kesan hangat nan mahal. Namun perlu diingat, perawatan molding dinding kayu ini tidak bisa dikatakan sederhana. Kayu sangat rentan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh air (kelembaban tinggi), paparan sinar matahari, dan serangan serangga (rayap, semut, dsb).

Di tempat-tempat tinggi risiko seperti itu, dinding cetak ini bakal cepat keropos, terkelupas, berubah warna, berlubang-lubang kecil, bahkan mengeluarkan bau apek sebagaimana kayu basah. Saking repotnya maintenance material bahan kayu, wajar kiranya bila produk dekoratif interior ini harganya selangit.

MDF

MDF atau Medium Density Fiberboard adalah material alternatif wall moulding dengan tingkat kemiripan hasil mendekati kayu solid. Bukan claim yang berlebihan memang, sebab terdapat unsur kayu juga di dalamnya. Hanya saja dalam bentuk yang berbeda. MDF terbuat dari kombinasi serat kayu dan bahan perekat.

Serat-serat kayu yang sudah terkumpul padat menggunakan perekat hingga membentuk papan. Papan itulah yang kemudian mencetak atau mengikutinya sesuai bentuk yang konsumen inginkan.

Distributor wallmoulding PVC Surabaya—Pilar 8—merekomendasikan material satu ini untuk konsumen yang ingin dekorasi natural dan rustic, tapi enggan repot dalam urusan maintenance. MDF memang cenderung lebih tahan terhadap perubahan suhu dan kelembaban, sehingga mempersempit risiko memuai atau menyusut.

Tapi di balik keunggulan tersebut, moulding dinding berbahan MDF sangat rentan terhadap goresan dan rembesan air. Khusus klien yang punya hewan peliharaan seperti kucing atau anjing, alangkah bagusnya tidak menggunakan molding MDf untuk demi menghindari risiko tergores akibat cakaran kuku hewan.

Logam

Meski mungkin peminatnya tidak sebanyak wall moulding PVC, gypsum, atau kayu, tapi logam termasuk material molding yang tak kalah mantap, unik, dan apik. Jenis logam yang kerap menggunakan biasanya stainless steel dan aluminium.

Dari segi ketahanan, siapa pun tahu logam pasti juara. Tahan di segala suhu, kelembaban, dan goresan. Pada dasarnya logam juga kebal air, tetapi apabila terlalu sering terkena air, material satu ini tetap berkemungkinan keropos atau karatan. Untuk mengantisipasinya perlu perawatan khusus yang tidak terlalu murah.

Kelemahan lainnya, dinding cetak dari logam bobotnya berat. Sehingga pengaplikasiannya lebih relevan untuk rumah mewah atau bangunan besar.

Pilar 8 Distributor Wall Moulding PVC Surabaya

Semua bahan-bahan di atas ready stock di distributor wall moulding PVC Surabaya Pilar 8. Kami hadir dengan sistem purna jual. Untuk pemesanan dalam kota Surabaya, kami tidak membebani klien dengan ongkos kirim. Soal harga jangan khawatir, semua harga produk yang kami tawarkan berbanding lurus dengan kualitas yang akan konsumen terima. Bahkan beberapa produk wall moulding sengaja kami datangkan dari luar negeri dan sudah melewati tahap quality control yang ketat. Tertarik? Silakan datang ke galeri kami.

Kualitas adalah Prioritas Kami

Pilar8 Selalu Menjaga Kualitas Demi Kepuasan Pelanggan​